Sabtu, 16 Juni 2012

Daftar SNMPTN: Penuh Kegalauan!!

Rasanya baru kemarin gue nangis berhari-hari. Nangis, ketiduran, nangis lagi, ketiduran lagi, gara-gara ga diterima di PTN yang gue inginkan. Ga terasa pendaftaran SNMPTN 2012 udah dibuka aja.

Galau. Gue ngebet kuliah di Fakultas Teknologi Industri - ITB, tapi gue takut. Habis, di daftar tingkat kesulitan relatif, FTI tertulis yang paling tinggi, lebih tinggi dari teknik elektro malah! Haaaaaaa gimana nih, tapi gue pingiiin! Pokonya cuma mau jurusan ini aja, ga mau yang lain, dan pingin kampus ini aja, ga mau yang lain Q_Q

Terjadilah debat panjang-lebar sama nyak-babeh. Mereka ini tipe orang tua yang ngebebasin anak-anaknya milih jurusan apapun. Tapi justru karena itu gue jadi tambah bingung. Mereka juga ga habis pikir sama gue yang galau mulu dan ga segera ngambil keputusan, haha.
Gue beraniin aja deh FTI. Nekat
Besoknya, gue beli PIN. Dan karena gue IPC, ditambah biaya tes keterampilan, jumlah yang harus gue bayar adalah 325 ribu perak. Mahal amat yak =..=
Lalu gue mendaftar:


Ngisi PIN, borang-borang data, jurusan. Dengan modal nekat dan pendirian kuat, gue milih FTI ITB
Dan jadilah kartunya:


Wah, SMA 7 Tangerang, ga begitu jauh sih dari rumah gue. Dan lagi, temen-temen gue banyak yang dapet tempat tes di daerah situ juga. Lucky! ♥
Untuk tes keterampilan, gue milih UNJ yang paling deket

Tapi tapi tapi tapi
Gue galau lagi.
Gue pikir apa gue bisa masuk FTI ITB? Apa gue pantas? Gue ngerasa kok kayaknya orang kayak gue ga pantas ya masuk situ. Gue takut kalau gue ga dapet. Takut banget

Dan karena itu gue beli PIN lagi. Ngerogoh kocek 325 ribu lagi (jujur, dalem hati gue nangis, seumur idup belon pernah seboros ini Q_Q)

Daftar lagi. Galau lagi. Sempet kepikiran buat tetep ITB tapi jurusan lain. Cuman, gue mikir ke depan, gimana kalo nanti gue ga bisa ngejalanin. Teknik mesin, elektro, sipil, arsitektur, atau mikrobiologi, mana demen gua. Capedeh
Akhirnya gue memutuskan buat masuk Teknik Kimia UGM. Selain gue emang ngebet pingin teknik kimia atau teknik industri, keluarga nyak gue semua di Jogja. Jadi beliau pikir bakal aman kalo gue kuliah di sana.
Yak, sudah bulat!

Oh iya, ada satu kisah kocak pas gue mau daftar yang kedua. Jadi gue daftar udah mepet banget hari terakhir (parah ya?! Buat yang belom ikut, jangan ditiru!) Kampretnya, Tangerang udah penuh! Waduh! Mau pindah panlok Jakarta, udah ga bisa! Mampus!
Gue telpon deh tuh panloknya, yang ngangkat bapak-bapak.
Setelah salam dan memperkenalkan diri, terjadilah percakapan:

Gue     : "Pak, ini Tangerang sudah penuh, gimana ya? Jadi ditambah ruang lagi gak?"
Panlok : "Kamu IPA atau IPS?"
Gue:    : "IPC, Pak"
Panlok : "Wah, udah ga ada, ruangan tambahan cuma buat IPA sama IPS"

What the F!

Gue     : "Yah, yang IPC gimana dong"
Panlok : "Duh, gimana ya. Kamu coba Serang aja"
Gue     : "Waduh, jauh amat, Pak"
Panlok : "Kamu rumah di mana?"
Gue     : "Pamulang. Tangerang"
Panlok : "Haduh gimana ya ya. Lagi kamu ini gimana, daftar baru sekarang! Kamu tau gak ini udah hari terakhir. Bukannya dari kemarin-kemarin" (intonasinya nyebelin banget sumpah)

Gue cengo, kenapa gue dimarahin =..=a

Panlok    : "Yaudah kamu di Serang aja. gapapa ya"
Gue        : "Eee, eh yaudah deh gapapa (dengan berat hati)"
Panlok    : "Cepet ya! Tinggal 13 orang lagi tuh"
Gue        : "Iya, Pak. Makasih"

Bete ga sih? Kenapa IPC ga dikasih ruang tambahan juga cobaaa

Terpaksa gue pilih lokasi di Serang. Ini kartu kedua:


Haaaa? Apa tuh, Mts. M apa tuh? Nama sekolahnya ga umum, daerahnya di mana pulaaaa itu. Nah lho!

Lusanya, gue ditemenin nyak-babeh survey jauh-jauh ke Serang. Dan itu jauuuh banget dari rumah gue di Tangerang Selatan yang bener-bener pinggir Jakarta, walaupun sama-sama Banten, tapi rumah gue lebih deket ke Jakarta atau Tangerang Kota daripada Serang. Sekitar tiga jam lewat tol buset dah. Sampe sana, ternyata ini sekolah susah ditemukan. Nama jalan di sana emang kebanyakan pake nama-nama sufi. Udah muter-muter, nanya-nanya orang, finally, ketemu juga deh daerah Kaujon ini. Terpencil juga. Dan ternyata Mts ini gabung sama SMP AL-Azhar 11. Tapi meskipun terpencil, sekolah ini wi-fi-nya kenceng lho! Opened pula! Haha jadi gue ga perlu beli pulsa internet deh hehehe!

Gue sempet sedih, kok gue ga hoki banget ya di SNMPTN tahun ini, dibanding tahun lalu. Tapi terus nyak gue bilang, gue ga boleh mikir gitu. Masih banyak anak yang ga bisa sekolah, ga bisa ikut ujian SNMPTN yang super epic ini. Gue masih beruntung katanya.
Absolutely right, mom

0 komentar:

Posting Komentar