Selasa, 12 April 2016

Judul TA

Beuh, udah harus nentuin judul TA aja. PenelitianP masih tahap analisa dan belum bikin pemodelannya, eh udah harus ngajuin judul TA aja hahaha tahun terakhir ya ..

TA di jurusan teknik kimia itu adalah membuat perancangan pabrik kimia. Dari mulai prosesnya, alatnya, hitung-hitungan alatnya, safety-nya, keuangannya, struktur organisasi pabriknya, lokasi pabrik, target penjualan, dan lain-lain. Semua ilmu lo seputar chemical engineering tools, such as neraca massa, neraca panas, kesetimbangan, rate processes, ekonomi, dan humanitas, diuji dalam tugas akhir ini.
Jadi gue dan my lovely partner Hartika kebetulan udah ngajuin dua judul dasar TA.

1. Prarancangan Pabrik Serbuk Uranium Dioksida dari Gas Uranium Heksaflorida.
2. Prarancangan Pabrik Magnesium Oksid dari Bittern dan Batu Kapur.

Harus bener-bener banyakin konsul dan baca-baca TA kakak angkatan. Bismillah semoga lancar. Dan kalau judul udah fix (kapasitas bla bla bla), maka segera dimulai hari-hari padat penuh dengan konsul dan ngutak-ngatik aspen plus matlab. Hal yang menantang jelas aspen dan matlab ini. Gue jujur aja gak jago programming, Apalagi dalam teknik kimia, pemrogramannya adalah bidang modeling. Modeling sendiri dalam teknik kimia bukan peragawati yang berpose di depan kamera memakai pakaian yang fashionable, namun modeling di sini adalah bagaimana memodelkan permasalahan dalam perancangan pabrik dengan metode matematika dalam bentuk kodingan biar bisa dijalankan oleh program. Jujur aja matkul-matkul pemrograman yang udah gue ambil nilainya gak ada yang cucok hahaha. Gue selalu iri sama anak-anak di jurusan yang jago programming dan mereka kalo ngerjain tugas-tugas pemodelan tuh udah kayak bermain piano yang bernada. Tapi gue akan terus belajar buat TA ini. It's a challenge. 
Kalo soal chemical engineering tools kayak bikin neraca massa, dan lain-lain insya Allah bisa lah, itu udah kayak makanan sehari-hari anak tekkim.

Penelitian, kerja praktek, dan tugas akhir perancangan pabrik. Mereka yang udah menjalani menyebutnya The three hell of chemical engineering. Tiga tugas besar yang WAJIB dan semua dibebankan selama satu tahun akhir di perkuliahan teknik kimia.

Bismillah..

0 komentar:

Posting Komentar