Jumat, 10 Januari 2020

Cerita Tentang Aeon Mall BSD City

Pergi ke mall bersama keluarga atau teman menjadi salah satu hiburan yang mudah dan menyenangkan bagi masyarakat di kota-kota besar. Ruangan sejuk ber-AC dengan beragam jenis toko berjejejer di setiap lantai menyediakan berbagai hiburan bagi pengunjung. Mau belanja, nonton film, makan, atau mengajak anak bermain di playground, suka-suka kamu. Apalagi sekarang udah banyak mall yang menyajikan spot berfoto yang instagramable bahkan roller coaster dan ice skating.

Hiburan tersebut dapat dinikmati semua kalangan. Tak terkecuali ibu hamil, orangtua yang membawa balita, orang dengan disabilitas, serta orang tua yang menggunakan kursi roda. Tentu saja kalangan ini membutuhkan fasilitas publik yang khusus untuk memudahkan mereka.

Mungkin kamu ga akan merasakan pentingnya fasilitas publik yang humanis untuk mereka ketika kamu masih muda, masih kuat, belum punya atau tidak punya anak, dan semua anggota keluargamu masih sehat fisiknya.

Tapi ketika kamu atau istrimu hamil, ketika kamu punya anak dan membawa anakmu menggunakan stroller, ketika butuh menyususi dan mengganti popok anakmu, atau ketika membawa orangtuamu yang menggunakan kursi roda, well, believe me, kamu akan sangat membutuhkan fasilitas-fasilitas publik yang humanis seperti lift yang lega, nursery room yang nyaman, dan area parkir serta toilet khusus untuk pengguna kursi roda.

Masalahnya gak semua area publik memiliki fasilitas humanis yang nyaman. Aku ingat pernah melihat seorang ibu-ibu tua yang menggunakan kursi roda, harus digotong anaknya dengan dibantu seorang petugas cleaning service dari depan pintu masuk toilet ke salah satu bilik toilet karena di sana tidak tersedia toilet khusus pengguna kursi roda. Mirisnya, itu terjadi di salah satu mall terkenal di Jakarta. Gak tau juga sih, apakah gak ada atau ada tapi cuma sedikit dan letaknya jauh, tapi dari sini kita bisa melihat bahwa fasilitas toilet khusus pengguna kursi roda tersebut sangat penting keberadaannya.


Toilet khusus pengguna kursi roda



Sebagai penikmat mall, aku udah banyak mengunjungi mall besar di Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah Aeon Mall BSD City. Mall ini dekat dari rumahku, jadinya aku sering banget ke sini. Dari awal aku ke mall ini, aku udah kagum banget sama desain humanisnya yang mirip seperti bangunan-bangunan publik di Jepang. 

Sejak datang, aku dapat melihat ada papan informasi jumlah sisa slot kosong untuk parkir di pintu masuknya.  Kita jadi bisa tau di tiap lantai masih ada berapa slot parkir yang kosong, sehingga tidak membuang waktu muter-muter di lantai yang ternyata udah penuh. Lumayan jarang aku melihat mall yang mempunyai papan informasi ini. Lajur belokan pindah lantai di gedung parkirnya juga super safety. Standar Jepang banget. Banyak gedung parkir di mall-mall Jakarta dan sekitarnya yang sudut pada lajur belokan menuju lantai gedung parkir berikutnya itu tajam sekali. Berbahaya untuk mobil yang panjang seperti sedan atau misal *amit-amit* ada mobil yang mogok. Misalnya juga jika sopirnya belom jago mengendalikan kopling lalu mobilnya turun, waduh, bisa menabrak semua mobil di belakangnya. Lebih parah lagi jika ada mobil yang bablas ngegasnya, kemudian nabrak pembatas, bakal langsung jatuh gitu aja ke tanah dari lantai sekian. Haduhhh...

Eh, jangan ketawa, ada lho kejadian kayak gini yang masuk berita..

Gak cuma papan informasi jumlah slot kosong dan desain jalur yang aman, gedung parkir di Aeon juga punya spot parkir khusus untuk pengguna kursi roda. Bedanya dengan spot parkir biasa, di spot khusus ini, disisakan ruang yang cukup lega untuk menurunkan kursi roda serta menaikkan pengguna kursi roda tersebut dengan aman.


Masuk ke dalam mall, mau naik ke lantai atas aja di liftnya ada tanda seperti ini:




Himbauan Prioritas

Bagian dalam liftnya lega banget. Bisa beberapa stroller dan kursi roda masuk. Semua lift di Aeon lega. Sering banget aku menemukan lift yang kecil di mall-mall lain. Paling cuma bisa muat 1-2 stroller aja.

Oh iya, di Aeon, stroller dan kursi roda kudu wajib menggunakan lift untuk pindah lantai, gak boleh pakai eskalator karena kurang safety. Untuk menghindari orang-orang nekat, semua eskalator di Aeon diberi besi penghalang agar stroller dan kursi roda gak bisa nekat menggunakan eskalator.

Selain lift, fasilitas yang paling vital di publik adalah toilet. Mungkin bakal panjang kalau nulis tentang toilet di Aeon karena cukup banyak hak menarik yang ingin aku share. Di Aeon, tiap-tiap toilet menyediakan bilik khusus untuk ibu yang membawa balita. Bilik ini lega sehingga ibu bisa membawa masuk stroller. Dan ada dudukan khusus buat anak balita. Fasilitas yang gak pernah aku temuin di mall lain.

Adanya bilik khusus yang lega dan tersedianya dudukan khusus balita di dalam bilik toilet ini memudahkan ibu yang lagi jalan sendirian sama anaknya atau kebetulan lagi kepisah sama suami atau keluarga yang lain tapi udah kebelet.


Dudukan khusus balita.



Jadi ingat waktu lagi nunggu boarding di bandara, aku melihat ada ibu-ibu yang membawa balita menggunakan kain jarik dan dia masuk ke dalam bilik buang air yang kecil dengan membawa balitanya. Selain rempong, ini tuh gak safety. Bahaya banget kalo si ibu terpeleset, anaknya bisa jatuh juga.

Sayang banget itu terjadi di bandara..

Nah, Aeon memiliki fasilitas keamanan seperti ini. Aku gak tau sih apakah di toilet cowok juga ada. Tapi tenang, di luar, terpisah dengan toilet cowok dan cewek ada toilet bertanda "Family Room" yang dapat digunakan ayah yang membawa balita. Di toilet ini juga tersedia WC khusus orang dengan kursi roda, dan papan khusus diapper changer untuk ayah dan ibu yang mau mengganti popok anaknya. Intinya, ini toilet khusus untuk keluarga. 

Ohiya, untuk ibu yang punya anak cowok dan anaknya udah bisa pipis di urinoir, tersedia juga urinoir kecil khusus anak di toilet perempuan. 


Urinoir anak di toilet perempuan.

Di lantai 3 bahkan ada toilet khusus anak. Bedanya, ukuran jamban dan urinoirnya kecil khusus anak-anak. Terpisah dari toilet pria dan perempuan. Jadi ibu maupun ayah sama-sama bisa bantuin anaknya buang air.

Toilet khusus anak

Aku juga mau share nursery roomnya yang sangat nyaman dan desainnya father friendly banget. Kenapa father friendly? Karena ruang ganti popok dan ruang menyusui dibedakan. Aku sering banget nemuin nursery room di mall-mall lain tuh antara ruang ganti popok dengan ruang menyususi digabung jadi satu, kayak gini bikin ayah jadi gak bisa masuk buat gantiin popok anaknya karena sungkan ketemu ibu-ibu lain yang lagi netein anaknya.

Nah, di Aeon, ayah bisa tenang karena ruang menyususinya terpisah. Selain itu desainnya juga memungkinan banyak bayi untuk mimik cucu dan ganti popok bersamaan. Banyak mall yang nursery roomnya cuma bisa diisi satu bayi aja. Jadi orangtua lain harus mengantri atau cari nursery room di lantai lain. Lah kalo anaknya udah keburu laper gimana?

Inilah sebabnya nursery room di Aeon terbaik. Selain father friendly, juga mampu mengantisipasi banyaknya bayi yang harus ganti popok ketika mall sedang ramai. Gak cuma itu, ada kids toilet, sofa yang nyaman, parkir stroller, serta disediain pula air panas buat bikin susu formula. Mantappu jiwa.


Tempat ganti popok


Ruang menyusui yang terpisah


Wastafel dan air panas buat bikin susu


Ada kids toilet juga


 
Bahkan parkir stroller pun ada :D


Gak usah pusing lagi deh buat papa mama yang membawa balita. Oh ya, aku juga mau share tentang musholanya. Sebenernya musholanya biasa aja sih. Untuk ruang sholatnya gak jauh beda sama mall-mall lain. Tapi yang ngebedain adalah di sana, tersedia ruang kaca yang luas buat yang mau merapikan kerudung atau benerin make-up. Agak jarang sih nemu yang seperti ini di mushola mall-mall lain. Alhasil, banyak yang berlama-lama di ruang solat buat rapiin kerudung atau berdandan yang bikin ruang solat jadi riweuh, apalagi di jam-jam ramai seperti waktu solat maghrib.

Ruang berbenah after salat.

Itu tadi hal-hal yang membuat Aeon menjadi mall yang sangat humanis menurutku. Kita sering gak kepikiran akan fasilitas-fasilitas ini sampai kelak kita membutuhkannya. Aku harap semoga semakin banyak tempat publik di Indonesia yang seperti Aeon. Buat yang penasaran, ayo ajak teman-teman dan keluarga main ke Aeon. Selain di BSD, juga ada di Jakarta Garden City Jaktim dan sebentar lagi akan buka di Sentul. 

0 komentar:

Posting Komentar