Selasa, 23 April 2019

Jalan-Jalan ke Pasar Bunga Rawa Belong Jakarta

Awalnya aku gak ada niat sama sekali buat menuliskan ini ke dalam blog. Namun karena di sana bunganya cantik-cantik, aku tertarik buat memotretnya dan akhirnya kepikiran buat memasukkannya ke blog ini. Mengingat aku memang udah lama gak memposting apapun.

PASAR BUNGA RAWA BELONG, sebuah surga bunga di tengah kota besar. terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Stasiun KRL yang terdekat yaitu Stasiun Palmerah. Kalo dari stasiunku, Sudimara, masih satu jalur dan cuma selisih tiga stasiun aja. Dari Stasiun Palmerah, dilanjut naik Grabbike cuma 10 menitan aja sampai pasar bunga.

Tujuanku ke sini yaitu mencari bunga mawar buat acara ulangtahun pernikahan ortuku yang ke-26. Sebetulnya aku udah pernah ke pasar ini, tapi waktu masih kecil banget. Di sini pilihan bunganya banyak. Dari bunga mawar aneka warna, aster, krisan, gladiol, peacock, baby's breath, anggrek ungu, anggrek putih, bunga matahari, sedap malam, hydrangea, Lily, dan bunga-bunga lainnya yang aku gak tau namanya wkwk. Selain itu, di sini juga menjual kertas-kertas pembungkus buket, vas bunga dan aksesoris serta perlengkapan perbungaan lainnya. Bunga-bunga di sini didatangkan dari Bandung.

Serunya lagi, karena ini pasar, jadi kamu bisa menawar. Aku membeli bunga mawar seikat isi 20 tangkai seharga 65 ribu. Tapi akhirnya aku bisa membawa pulang mawar dua ikat seharga 110 ribu aja. Jatuhnya kira-kira setangkai cuma 2.750 doang. Wow! Padahal kalo di toko bunga pada umumnya satu tangkai mawar harganya 10 ribu. Best deal banget kan?




Untuk bunga-bunga yang lain aku kurang tau harganya karena aku ke sana memang cuma mau nyari mawar aja. Tapi aku sempet nanya baby's breath itu satu tangkai harganya 20 ribu belum ditawar.

Waktu aku ke sana minggu lalu, kebetulan lagi gak ada event atau hari perayaan apapun, jadi gak terlalu ramai dan harganya belum naik. Biasanya, kalo pas lagi ada perayaan misalnya Valentine, lebaran, imlek, dan sebagainya, harga bunga bisa naik. Pasar bunga Rawa Belong ini termasuk yang terbesar di Jakarta. Ingat pilgub Jakarta yang lalu ketika viral para pendukung Pak Ahok ramai-ramai mengirimkan karangan bunga ke halaman Balai Kota DKI? Nah, kebanyakan karangan bunganya berasal dari sini.

Oh iya, kalo kamu mau dibikinin buket sekalian, dikenakan biaya tambahan lagi yaitu biaya jasa, biaya bunga-bunga printilan lainnya kayak baby's breath, peacock, dan dedaunan tambahan untuk mempercantik buket, serta kertas pembungkus dan pitanya. Biayanya kalo ditotal lumayan juga sih. Saranku, beli aja dulu semua bunga yang mau kamu buat buket, termasuk bunga-bunga printilannya plus bawa sendiri kertas pembungkus dan pitanya, jadi kamu cuma tinggal bayar jasa pembuatan buketnya aja. Atau kalo mau lebih ekonomis lagi sih, ngebuket aja sendiri kalo kamu bisa rapi wkwk.

Beberapa foto yang kuambil dari Pasar Bunga Rawa Belong:

Suasana di dalam pasar




My fave flower. Sunflower <3


Anggrek. Cantiknyaa <3 <3 <3


Lili, aster, baby's breath


Aneka aster, krisan dan peacock


Cocok banget nih buat kamu yang mau danusan bunga atau sekadar buat dikasih ke orang-orang tersayang. Oh iya, pasar ini buka 24 jam lho. Jadi, kalo kamu butuh bunga buat acara pagi-pagi, kamu belanja bunga dulu di sini subuh-subuh pun bisa. 

Jadi gimana, mau kasih aku bunga? *Loh?!

0 komentar:

Posting Komentar