Sabtu, 29 Oktober 2016

Tinggal Sedikiiiiiiit Lagi, Padahal

Sabtu, 29/10 - 2016
18.25

Ya Allah, kenapa setelah hampir 8 bulan ngerjain pabrik ini kok gue mulai merasa seperti perancangan yang gue buat salah ya..

Kebetulan untuk tahap 6 SHE (Safety, Health, & Environment) and Process Control ini penilaiannya memang beda dibanding tahap-tahap sebelumnya. Di sini gue harus maju langsung ke dosen safety officer yang terkenal killer untuk dites langsung tentang SHE dan proses kontrol langsung sama beliau. Duh udah ruangannya mojok, gelap, secara fengshui aja kayaknya gak membawa hoki (?) sih.. Udah nilainya juga susah lagi kalo sama beliau. Nah, maka dari itu untuk T6 ini gue bener-bener mati-matian ngerjain dan sebisa mungkin gak ada kesalahan sedikipun atau apapun yang bikin gue keki pas dites sekitar pertengahan november besok. 

Namun, setelah mempelajari safety dan segala proses kontrol tentang pabrik uranium ngehe ini, gue jadi menyadari banyak celah dan kesalahan yang gue buat. Terutama reaktornya sih. Kebetulan yang ngerancang reaktor pas tahap 4 yaitu Equipment design kemarin itu partner gue, sementara gue merancang menara absorber. Nah, setelah gue berhari-hari ini bertapa di perpus jurusan, buka-buka textbook dan TA-TA lain yang ada di rak (too bad banyak TA yang udah gak ada di rak), gue jadi menemukan banyak celah dan kesalahan di TA gue. Udah gitu partner gue ternyata juga belom nyelesein pemrogramannya reaktor ini. Mana gue udah ngobrak-ngabrik berbagai TA yang ada tapi yang pake reaktor yang setipe punya gue jarang lagi =..=. Terus, gue jadi mikir "ini kok kayaknya ada alat-alat yang kurang ya, kok sepertinya masih ada yang kurang nih prosesnya", dan juga "Absorber ini tuh alat utama bukan sih". Aduh mak udah susah-susah ngerancang kalo bukan alat utama gue besok pendadaran gimanossss. Padahal gue ngerancang alat-alat lain yang lumayan banyak dan melelahkan lho. 

Ya Allah, kepala ini pusing banget. Duh kenapa dulu gak ngajuin judul pabrik etilen oksid aja gitu kek, atau biodiesel atau apalah, yang reaktornya bukan tipe ini. Kalo disuruh ulang dengan judul baru, gue juga ogah banget lah 8 bulan lagi ngulang bikin uji kelayakan, neraca massa & neraca panas, dan yang paling melelahkan tentu saja bikin desain alat lagi. Gue padahal tinggal satu tahap lagi setelah tahap 6 ini, yaitu tahap tentang manajemen perusahaan dan perhitungan ekonomi, udah deh setelah itu selesai. Tapi,, malah sekarang jadi galau gini :'(
Haduh... mana gue ngincer pendadaran Januari biar pas berangkat KP besok, udah tenang masalah TA. Tapi kalo kayak gini, gue sepertinya habis nyelesein Tahap 7 besok, yang mana batas waktu pengerjaannya cuman dua minggu sampai tanggal 15, gue harus buru-buru rombak semuanya dari awal, dengan batas waktu sampai deadline pengumpulan naskah pendadaran tanggal 29 november besok (anjir lah sebulan lagi). Huhuhu Ya Allah aku pingin nangis, stress banget sumpah. Di samping itu, dalam pengerjaan TA ini sesungguhnya ada banyak hal yang mengganggu gue juga yang gue gak bisa tuliskan di sini. Orangtua di Pamulang sana juga udah pingin gue wisuda. Aduh, gue beneran gak ngerti, udah berapa banyak tabungan dosa yang gue kumpulin karena berbohong sama mama setiap beliau nanyain keadaan gue dan kuliah gue. Merantau bukannya membuat gue jadi anak baik kesayangan mamah-papah,, tapi malah bikin gue pinter berbohong gini

Terkadang gue pingin balik ke jaman SMA atau jaman ronin, sebelum semua ini, tapi ya gak mungkin juga. Cuma bisa getolin konsul dan doa.
...
.....
.......


Aku ingin lulus, detik ini, bener-bener ingin meninggalkan kos berjamur ini, tapi jika aku pulang ke Jakarta tanpa membawa ijazah, aku tahu bahwa itu hanya akan menambah beban lagi. Aku tidak kuat, sungguh. Aku merasa down dan yang terburuk, aku benar-benar merasa kesulitan dan mulai berfikir yang tidak-tidak akan apa yang terjadi dalam hidupku pada masa ini, Apalagi setelah kejadian tadi pagi banget yang masih membuatku sedikit gemetar sampai saat ini.

Oh, aku lupa tadinya hanya ingin menulis tentang kesulitan TA, tapi entah mengapa merembet kesana-kemari.
Dan entah kenapa sekarang nafasku terasa lebih panas

0 komentar:

Posting Komentar