Jumat, 21 Oktober 2016

Raka Toan

Ibu gue itu orang Jogja asli, lahir dan besar di Jogja, tapi begitu lulus SMA, beliau merantau ke Irian dan di sanalah ia bertemu bokap gue. Dan setelah menikah, nyokap ikut bokap gue tinggal di Jakarta sampai sekarang. Walaupun udah 23 tahun jadi pendatang, nyokap gue gak melupakan asalnya dan sampai sekarang pun masih sering ngobrol pake bahasa jawa ke tetangga, ke guru sekolah gue, ke satpam, atau tukang jualan di pasar, atau siapapun yang juga perantau dari jawa. Selain itu, nyokap gue juga sering ngasih joke-joke jawa yang receh banget. Salah satunya ini:

Waktu kecil sekitar kelas 1 atau 2 SD, gue punya temen cowok chinese yang namanya Raka. Dia satu sekolah sama Ryan, adik gue, dan sering banget main ke rumah. Nyokapnya Raka juga sering mampir, sekalian nganter atau jemput anaknya itu jadi ya emang akrab banget lah. 

Nyokap gue, suka nyebut dia Raka Toan. Gue gak ngerti Toan itu apa, mungkin semacam kalimat bercanda yang cuma orang gede aja yang tau kalik ya, gue dulu mikir gitu. Tapi gue sendiri akhirya njiplak itu dan jadi sering banget manggil temen gue ini Raka Toan.

"Raka Toan! Raka Toan!"

Trus nanti dia bakal bales. "Apa sih, Indah Toan!"

Gue yakin banget Raka sendiri juga gak ngerti Toan itu apaan. Tapi ya karena masih kecil, ya cuman ngikut-ngikut aja yang penting seru.

Sampai akhirnya waktu terus berjalan, dan gue sama Ryan sekarang udah lost contact sama dia, gak tau deh mungkin dia udah pindah. Dan gue lama-lama jadi lupa soal Toan-Toan itu.

Sampai akhirnya gue sekarang kuliah di Jogja di mana bahasa jawa banyak digunakan oleh orang-orang di sini, walaupun ya emang gak semua juga sih.

Gue baru ngerti, setelah di sini sering dengerin temen-temen dan orang-orang di sekitar gue berkomunikasi dengan bahasa jawa, kalo ternyata yang dimaksud nyokap gue itu 'ra kato'an yang artinya ora pake katok atau gak pake celana wkwk
.....
....
Kan,,
Mamah mah gariiiiiiiing 

0 komentar:

Posting Komentar