Kamis, 03 Maret 2016

Diary Penelitian: Percobaan Pendahuluan dan Beli Bahan

Wah, udah lama gak nulis diary penelitian. Udah lumayan banyak yang gue lalui tapi masih belom selesai aja =____=

Jadi, gue kurang puas melakukan uji kalibrasi di BTKL. Hasil analisanya keluar lama banget nyaris sebulan, dah gitu gak bisa minta data nilai absorbansinya, cuma konsentrasinya aja dalam satuan ppm. Akhirnya, setelah itu gue coba ke jurusan kimia fakultas MIPA, eh ternyata di sana lebih cepat, lebih murah (walau kalo sampelnya 15 ya tetep aja kantong gue nangis sih), dan lebih deket banget, cuma seberang fakultas gue. Juga yang terpenting bisa minta data mentahnya including nilai absorbansi. Yelah, tau gitu mending gue buru ke sini aja dari awal penelitian kan wkwk

Dan, kegalauan gue berikutnya adalah kadar air dari sampel yang gue ambil dari Kulonprogo kok kadar airnya kecil banget cuma 0,02 ppm. Ini mah gak jauh beda sama air keran di kosan gue. Apa karena airnya gue saring dulu ya :(. Nah setelah gue konsul sama papa pembimbing, diusulin pake besi artifisial aja, coba FeSO4. Oke, gue ke Pak Wahyu yang ngurusin gudang bahan tekkim. Eh, bahannya gak ada stok! Jiaah. Dan setelah gue survey ke toko bahan kimia, alamak, 500 gram harganya 750 ribu. Sekilo sejuta, dan gak boleh eceran wakakakak padahal gue butuhnya gak sampe 20 gram *nangis darah* 

Terus yaudah gue coba cari-cari bahan lain. Apapun yang berupa campuran besi yang bisa larut dalam air. Sempet milih FeS, tapi ternyata setelah gue baca MSDSnya, eh gak soluble (larut) terhadap air. Terus akhirnya gue pake FeCl3, yang alhamdulillah ada di gudang bahan tekkim.


Nah setelah gue coba campur FeCl3, ternyata gak larut banget. Masih ada endapannya kalo didiemin. Tapi yaudah gue coba aja di satu suhu, 35 derajat celcius. Setelah itu gue bawa ke lab kimia analitik di jurusan kimia MIPA. Seminggu kemudian, pas gue ambil hasilnya. Gue shock, kok datanya fluktuatif. Nah kan, salah di mana nih huhuhuu. Apa karena FeCl3 nya ya? Kan dia udah Fe3+ tuh ya, udah ngendap dong (Soalnya di jurnal, peristiwa yang terjadi pertama itu reaksi Fe2+ menjadi Fe3+. Nah ini udah Fe3+ duluan, iya gak sih?), atau kesalahan teknis misal debit udara terlalu besar? Atau suhu di waterbath yang susah stabil? Nah lho, mana variabel gue suhu pula, kalo nanti hasil perhitungan gak sesuai sama hasil percobaan gimana coba? huhuuu indaaaah inget lho, deadlinenya sebulanan lagi!

Nah, dari laboran lab kimia analitik jurusan kimia, Mbak Dewi, gue baru tau kalo bisa beli bahan kimia di LPPT UGM secara eceran. Yaudah, gue langsung cus ke LPPT dan ternyata ada! FeSO4 murni bisa beli eceran dan harganya satu gram seribu. Gue beli deh tuh 20 gram. Oh my god, kenapa gue baru tau setelah sisa waktu yang mepet ini hahaha but Alhamdulillah.

Wah, ngeri juga kampus gue. Awkward banget setelah hampir empat tahun kuliah di sini, gue baru ngerti fasilitas yang disediain UGM dalam mewadahi mahasiswanya berkarya itu lengkap banget. Bayangin, gue udah jauh-jauh ke Wonosari baut analisa kadar air, eh ternyata di MIPA bisa, dan gak perlu pakai surat segala. MIPA malah lebih bagus alatnya, dan hampir semua metode analisa tersedia. Mau AAS, spektrofotometri UV, GC, ICP, HPLC, sebut deh semua metode analisa, di sana ada, dan gak terbatas mahasiswa kimia doang, tapi jurusan lain boleh analisa di sana, malah luar UGM pun boleh (bayar lho ya!). Bayangin juga, saat gue pusing nyari FeSO4 yang mahal itu bahkan bokap gue sampe ngirim duit 750 ribu dan nyaranin gue beli aja setelah gue curhatin, eh gue baru tau di LPPT bisa beli bahan kimia eceran dan bahan-bahan kimia yang tersedia lengkap banget. Tapi khusus yang ini, cuma boleh mahasiswa UGM aja, ga boleh luar. Dan sekarang gue bingung ini 750 ribunya gue balikin ato gak wkwkw yaudah gue pake buat biaya analisa AAS ajaaa

0 komentar:

Posting Komentar