Sabtu, 04 Juli 2015

KKN Horee - Day 4

3 Juli
Harinya surveeey!!
Keliling ke semua dusun di desa dan ketemu sama bapak-bapak kadus (kepala dusun). Kebetulan sub-unit gue kerja di dua dusun. Dusun Rappoa dan Dusun Bo'dong. Setelah survey, ada program yang gue batalin, dan gue ganti baru setelah liat keadaan di sana. Cape juga keliling-keliling desa jalan kaki. tapi senang juga lihat-lihat salah satu desa pesisir di selatan sulawesi yang penduduknya rata-rata masih tinggal di rumah panggung tradisional berbahan kayu.

Sorenya gue sama cewek-cewek pondokan diajak bukber di rumah sodaranya pakde (pak kades). Pinjem mobil pak haji trus yang nyetir temen gue, Ratri. Makanannya enak-enak bangeeeet. Dari coto makassar, sate sapi, mi goreng bumbu makassar, trus acar, pokoknya semua makanan khas sulawesi selatan deh

Abis dari situ, mamake, a.k.a bu haji, yang punya pondokan yang gue tempati, pas balik ngajak mampir masjid agung bantaeng buat ke toilet sama solat maghrib, eh malah dadakan ngajak sekalian tarawih gitu, lamaaaaa banget ceramahnya, padahal jam 9 mau rapat, tapi sampe jam setengah 9 masih belom mulai solatnya, akhirnya gue ama temen-temen gue pun gak witir wkwk dan pas balik, kan mampir alfamidi dulu tuh, tiba-tiba mamamke minta dijemput lagi di mesjid, trus muter-muter lagi beli makanan, trus ke Alfa lagi, beuuuh ini sih judulnya keeping up with mamake.

Akhirnya sampe di pondokan, ambil laptop trus cao ke pondokan ke-2 dan rapat di sana sampe pagi.

4 Juli
KKN mulai terasa menyenangkan. Hari ini siangnya banyak gabut huft. Paginya gue, pak  haji sama bang reza ke pantai buat liat sunrise, trus liat ada yang nyembelih sapi di salah satu rumah penduduk. siangnya banyak gabut wkwk. trus bukber (lagi) tapi kali ini di rumah penduduk di desa. Makanannya pun sama enaknya kayak kemarin. Beeeuh sepertinya coto makassar mulai jadi makanan favorit gue lah. Trus ada sate sapi lagi, usut punya usut, itu dagingnya dari sapi yang dipotong tadi pagi.

Malemnya, gue ikutan cowok-cowok ke rumah pakde. Ngobrol-ngobrol random sambil sekali-kjali ngobrolin program hahaa. Tujuan gue emang biar dinotis pakde siih. Terus biar bisa tanya-tanya soal program. Asik juga bapaknya ni gaul banget. Agak malem, Wilis dateng buat diskusiin program. Entah sejak kapan obrolannya jadi berubah kursus kilat bahasa makasaar dan bantaeng haha. Yang gue inget itu:

Atengkii Indah = Nama saya indah
Nake tubattu ri Tangerang = asal saya tangerang
apa kareba = apa kabar
batu kemaiki? = darimana?
ero' = di mana?
tamae? = di mana?
ero ko kemai? = mau ke mana?
ero ko siba'ji = mau berantem? (wkwk)
siba'ji lu? = berantem lu? (ala-ala betawi haha)

ki/ko = kamu (halus/kasar)

riolo = duluan
ambali = membantu
pallu = masak
lampa = pergi
lampa daka-daka = pergi jalan-jalan
ta'dodo = ngantuk
cere' = datang
minro = pulang
hacini = melihat
tabik = permisi
ngaru = nangis
nakku = kangen
nakku dudua = kangen banget
ngai ko dudua = suka kamu banget
nakku ko dudua = kangen kamu banget
kurudokkong = dukung
ngalekko galasi = ambil gelas
assassa = nyuci (baju)
bassa = nyuci (piring)
nganre = makan
nginung = minum
nyanggara = goreng
tinroi = tidur
ma'gang = megang
anrio = mandi
nginrang = minjam

parisiki = sakit (dipukul)
daring = sakit (penyakit)
gamara = cantik
koditanja' = jelek mukanya
baji = baik
rate = atas
pamopora = maaf

cidongki bapak = duduklah bapak
teoko gauleang = jangan, gak baik
piti kana-kanai = sembarang omong
eroko naik = mau naik
lampa ngase ko pallu = pergi kamu semua masak
jagangan sambarangupan = jangan ngomong sembarangan

se're' = satu
rua = dua
talu - tiga
apa = empat
lima = lima
annang = enam

kebo = putih
eja = merah
lekling = hitam
gau' = hijau
didi = kuning

bangi = malam
annangsabu = enam ribu
sakiora boddo = celana pendek
saluara la'bui = celana panjang
botolo = botol
colo' = korek
balla = rumah
ponto' = gelang
biringkasi = pantai
juku = ikan
kaluru = rokok
galasi  = gelas
sayur = bangana
dumpi = kue
lokka = pisang
bassi = pisau (kecil)
kalewang = golok

0 komentar:

Posting Komentar