Jumat, 29 Mei 2015

Praksus (Praktikum Kusem): ACC UYEAH!

Alhamdulillah setelah berminggu-minggu kerja kelompok bareng, tiga kali pembantaian, akhirnya kelompok 9 dapet juga acc proposal praktikum khusus hehehehe

Pagi-pagi standby di lab, akhirnya kami ngadep Prof W lagi, yang dipanggil maju kali ini Sapto, sesuai feeling dia .__.
Doi alhamdulillah bisa jelasin dengan kecenya ke Prof, bisa dibilang gak ada masalah, sampe akhirnya Prof meriksa pemrograman kelompok gue yang walaupun bisa jalan tapi hasilnya aneh. And that's why kkhirnya kelompok gue dipending dulu deh.

Berjam-jam berusaha benerin pemrogramannya. Oper-operan dari Saktya, Sapto, Yoyon, Dias, Afta, sampe anak-anak lain yang bukan anggota kelompok kayak Wisnu dan Uzi ikut bantuin juga. Tapi masih aneh banget hasilnya. Grafik yang harusnya linear berbanding lurus ke atas antara fraksi dan suhu malah aneh banget bentuknya, hasil gamma dari metode UNIFAC juga gak sesuai sama yang udah dihitung manual capek-capek.

Gue? cuma jadi kentang aja di antara mereka. Gak ngerti apa-apa soal pemrograman :(

Sorenya kelompok gue cao ke gedung rektorat buat ngadep Prof lagi. Kelompok lain juga banyak yang ke sana buat urusan yang sama. Alhamdulillah pemrogramannya udah bener dan grafiknya mulus banget setelah fraksi dan suhu yang tadinya pake data trial diganti dengan data yang sesuai percobaan.

Setelah kelompoknya Alya selesai, kelompok gue pun maju. Ga banyak sih, cuma ngebahas pemrogramannya, karena teori yang lain udah oke. Daaaan akhirnya dapet juga yang dinanti:



ACC HOREEEEE!!!! :""D


Alhamdulillah wasyukurillah. Proposal praksus yang tadinya begini:

Sebelum dibenerin, penuh dengan catetan revisi

Tulisannya gini:

"15 Mei 2015, pk 15:00
*kelarutan padatan dalam cairan (teoritis/termodinamika)

(Ini waktu kelompok gue harus ngerombak semuanya)


23 Mei 2015, pk 13:00
*Cari model-model untuk gamma A liquid
*Bagaimana mencari data X vs T
*Bagaimana pengolahan data percobaan berbasis teori

(Ini waktu gue dibantai :"))


29 Mei 2015, pk 11:00
*Sempurnakan pemrograman komputer

29 Mei 2015, pk 15:56
*Diijinkan mulai kerja di laboratorium
ttd"


Sekarang yang  baru udah cantik dihias tanda-tangan Sang Guru Besar Teknik Kimia Prof. W ^^

Ini proposal yang balu :3

Yeeeeiy sekarang tinggal kerja di lab terus bikin laporan. Sejujurnya gue rada kurang puas, terutama pas bagian akhir di pemrogramannya itu. Yang ngerjain temen sekelompok, gue gak begitu ngerti dan kalopun gue mau bantu paling cuma sekedar bacain data sama meriksa input rumusnya dah bener doang. Udah ada yang lebih jago malah takut ngehancurin. Hm, tapi InsyaAlaah untuk bagian yang bukan pemrograman gue udah berkontribusi cukup oke kok

Tapi yaudeeh laah dah dapeeeet acc xixixixixi

0 komentar:

Posting Komentar